Logitech G300S Saya Rusak (2)

Tulisan ini adalah sambungan dari tulisan sebelumnya di sini.

Akhirnya, saya memutuskan untuk mencari rekan kerja di kantor yang bisa melakukan soldering/desolder. Didapatlah rekan yang mampu melakukan aktivitas solder-menyolder, berhubung latar belakang pendidikannya dulu STM. Langkah selanjutnya adalah riset switch mouse yang bagus dan tahan lama.

Setelah riset di forum-forum dan Youtube, saya menemukan beberapa switch recommended dengan kisaran harga yang mirip-mirip (20ribu - 25ribu). Switch tersebut antara lain Omron Jepang, Kailh GM 8.0, dan HCNHK. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli switch Kailh GM 8.0.

Saya order 5 pcs switch karena kebetulan ada lima mouse yang rusak di rumah, sekalian mumpung ada teman yang mau bantu masangin tadi, wkwkwk. Setelah G300 saya dibongkar, switch bawaan G300S adalah Omron cina (ada tulisan made in Cina), sayangnya nggak merhatiin kode barangnya seperti apa. 


Akhirnya semua barang sudah dipasang dengan switch baru. Saya hanya mengganti tombol kiri mouse saja, karena yang bermasalah memang tombol ini saja karena memang sering dipakai. Sempat ada kesulitan ketika memasang sensor bawah mouse ketika membongkar salah satu mouse.

Tapi ini zaman canggih, semua permasalahan dan solusi ada di Youtube. Semua mouse akhirnya berfungsi normal. Saat ini penggunaan terasa biasa, mungkin karena saya bukan tipikal gamer yang mempunyai feeling tertentu terhadap tombol mouse. Yang penting justru, mouse dapat berfungsi kembali.

Comments

Popular posts from this blog

2021 Lalu Saya Covid

Logitech G300S Saya Rusak (1)