Autostart Jupiter Applet on Openbox

Iseng-iseng memasang Openbox di Ubuntu Lucid Lynx dengan membuang semua paket Gnome demi kebutuhan distro Ubuntu super kencang. Hampir semua paket Gnome ikut terbuang, seperti totem atau paket-paket pada instalasi awal dan hasilnya layar blank (kernel panic) begitu komputer dinyalakan. Komputer dipaksa masuk lewat opsi repair dan menjalankan perintah “startx”, dan solusi untuk memperbaikinya ternyata menginstall gnome-session-manager.

Windows manager Openbox yang diberikan masih benar-benar apa adanya, tanpa panel dan wallpaper. Menu klik kanan di desktop masih berfungsi. Setelah menginstall tint2 panel dan nitrogen wallpaper management, ternyata paket Jupiter yang telah diinstall pada instalasi awal belum berjalan. Jupiter sendiri menggunakan mono (software untuk menjalankan program Windows di Linux), jadi cara menjalankannya tidak seperti biasa.

jupiter

Setelah sedikit eksperimen dan buka-buka Google, command untuk menjalankan Jupiter adalah:

mono /usr/bin/jupiter.exe

Selanjutnya tinggal masukkan command tersebut pada file autostart Openbox di directory:

/home/YOUR-USERNAME/.config/openbox

Beri delay 3 atau 5 detik sebelum dijalankan sehingga tidak bentrok dengan tint2 panel.


## Start Jupiter
(sleep 3s && mono /usr/bin/jupiter.exe) &

PS:
Jupiter sendiri merupakan aplikasi power manager yang lebih terintegrasi ketimbang Gnome Power Manager. Sangat berguna untuk mengurangi konsumsi daya laptop yang berlebihan.

Comments

Popular posts from this blog

2021 Lalu Saya Covid

Logitech G300S Saya Rusak (1)