Apa yang Terjadi Ketika Lampu Depan Motor Mati?

Kita akan susah melihat ketika malam hari. Itulah jawaban yang tepat untuk judul tulisan kali ini. Namun, pertanyaan tersebut lebih saya maksudkan kepada upaya untuk melakukan inspeksi pada kendaraan kita untuk mencari penyebabnya seperti apa.

Ada beberapa kemungkinan di balik matinya sebuah lampu pada sepeda motor. Kemungkinan pertama adalah, lampu bohlamnya memang sudah putus. Mengatasinya cukup mudah, tinggal beli lampu pengganti dan pasang. Hal ini biasanya mudah dilakukan oleh orang awam dan tidak perlu ke bengkel lagi.

Kemungkinan kedua adalah tombol on-of (saklar) dari lampu itu sendiri. Tombol ini berada di sekitar stang kemudi. Untuk berbagai motor keluaran terkini, tombol saklar sudah dibuang oleh produsen kendaraan sehubungan dengan kewajiban untuk selalu menyalakan lampu, baik itu siang atau malam hari. Jadi, posisi lampu selalu menyala.

Kemungkinan ketiga adalah kelistrikan, seperti jalur kabel-kabel yang ada di body. Baru-baru ini, lampu Honda Karisma mati. Setelah dilihat, ternyata kerusakan berasal dari kiprok. Motor dengan teknologi lama masih mengandalkan putaran mesin untuk menyalakan lampunya, sementara motor terkini listriknya di-supply langsung dari aki.

Comments

Popular posts from this blog

2021 Lalu Saya Covid

Logitech G300S Saya Rusak (1)