Setting Klien e-Xam Pelaksana UEFI Windows 10

Akhirnya saya kebagian juga jatah untuk men-setting PC klien untuk kegiatan pretest SIM PKB (guru pembelajar). Ini semacam ujian berbasis komputer yang diadakan oleh Kemdikbud. Kebetulan tempat saya ditunjuk menjadi penyelenggara kegiatan pre-test tersebut.

Harusnya semua berlangsung secara sederhana. Sistem yang digunakan untuk ujian menggunakan GNU/Linux. Pihak Kemdikbud sendiri sudah menyediakan installer berbasis Windows (format exe) untuk memudahkan mereka yang awam dengan sistem operasi GNU/Linux, sehingga sistem bisa dijalankan dengan mekanisme dualboot antara Windows dan Linux.

Begitu PC dinyalakan, akan ada menu pilihan masuk OS e-Xam pelaksana dan Windows (default). Untuk memulai ujian, tinggal pilih e-Xam pelaksana dan selanjutnya akan muncul interface login ujian. Jadi, sebenarnya konfigurasi di Linux tidak terlalu rumit karena memang tidak ada yang dikonfigurasikan.

Problem terjadi pada PC All in One (AIO) keluaran terbaru dengan fasilitas UEFI secure BOOT. PC AIO seperti ini biasanya sudah menggunakan OS Windows 8 ke atas (termasuk juga Windows 10). Nah, instalasi memerlukan konfigurasi lebih lanjut. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, set pada server e-Xam Delta. Aktifkan server PXE.
  2. Selanjutnya pada PC Klien, masuk ke BIOS. Kebetulan PC AIO di sini menggunakan merk HP dan untuk masuk ke BIOS tinggal menekan tombol F10.
  3. Selanjutnya cari menu secure Boot dan nonaktifkan (disabled).
  4. Enable Legacy Support.
  5. Save konfigurasi BIOS, komputer restart ulang.
  6. Begitu awal dinyalakan, ada konfirmasi perubahan sistem. Masukkan angka yang ada pada layar PC dan tekan Enter.
  7. Masuk ke OS Windows dan install program e-Xam Pelaksana. Pilih full installation neo. Setelah itu, restart PC
  8. Begitu direstart, Anda akan dihadapkan pada menu pilihan OS, Windows dan E-Xam Pelaksana.
  9. Pilih opsi ketiga, “Change defaults or choose other options”
  10. Selanjutnya pilih menu, “Choose other options”
  11. Pilih “Use a device”
  12. Pilih lagi see more devices
  13. Pilih Realtex PXE… …. (tergantung interface network card PC AIO)
  14. Selanjutnya akan muncul command line booting ke Linux

PC Anda merk lain, semisal ACER? Anda dapat melihat panduan setting instalasi PC klien E-xam Caraka untuk PC Acer di alamat ini (klik).

Update 2019:
Untuk boot network PC AIO HP, tinggal menekan tombol F12. Jadi setelah begitu restart PC (langkah 8), langsung tekan F12 untuk boot network (PXE boot).

Comments

Popular posts from this blog

2021 Lalu Saya Covid

Logitech G300S Saya Rusak (1)