Tujuh Dosa Windows: 1. Pendidikan

“Give a man a fish and you feed him for a day. Teach him how to fish and you feed him for a lifetime.”

“Berikan seseorang ikan, maka kau telah memberinya makan untuk sehari. Ajarilah seseorang untuk memancing, maka kau memberinya makan selamanya.”

Komputer diharapkan menjadi alat yang berguna dalam pendidikan anak. Tapi sekarang, kebanyakan anak yang dalam pendidikannya terlibat dengan komputer diajarkan bahwa hanya ada satu produk komputer, yakni Microsoft. Microsoft telah menghabiskan banyak uang untuk melobi dan memasarkan berbagai produknya ke lembaga-lembaga pendidikan. Turut berduka, sebagaimana dalam berita MoU Mendiknas-Microsoft dari situs Antara berikut.

Berita Antara: Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional 2011, Microsoft Indonesia menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional (… selengkapnya)

Pendapat Kang Onno (the real IT expert) terkait hal tersebut:

Pendidikan anak merepresentasikan bagaimana arus utama pendapatan Microsoft, sekaligus strategi untuk meletakkan kesempatan produk mereka bagi masa depan anak tersebut. Dengan memaksa sekolah untuk menggunakan Windows  (dan berbagai software yang berasosiasi -Word+Excel), Microsoft bisa membuat orang tua merasa wajib menyediakan software yang sama di rumah. Cuma Microsoft yang bisa membuat mekanisme monopoli seperti ini.

Lain halnya jika Anda menggunakan FLOS (free libre open source) software. Anda akan memperoleh berbagai kebebasan berikut:

Four Freedom Essence of Free Software

  • The freedom to run the program, for any purpose (freedom 0).
  • The freedom to study how the program works, and change it to make it do what you wish (freedom 1). Access to the source code is a precondition for this.
  • The freedom to redistribute copies so you can help your neighbor (freedom 2).
  • The freedom to improve the program, and release your improvements (and modified versions in general) to the public, so that the whole community benefits (freedom 3). Access to the source code is a precondition for this.

____________
PS: Postingan ini merupakan seri dari 7 dosa Windows

Comments

Popular posts from this blog

2021 Lalu Saya Covid

Logitech G300S Saya Rusak (1)