Tips Browsing Irit di Internet

Anda punya keterbatasan bandwidth karena akses internet berbasis quota? Berikut ini adalah berbagai tips agar Anda dapat menghemat bandwidth Anda yang berharga itu. Atau paling tidak, sampai Anda bisa bernafas lega lagi hingga awal bulan, ketika quota internet kembali full. Prinsipnya adalah, buang yang tidak kita butuhkan, ambil yang pentingnya saja.

  1. Jika Anda browsing dengan Firefox, Anda bisa menggunakan addons AdBlockPlus dan NoScript untuk membuang berbagai iklan di situs-situs yang memang memakan source bandwidth yang cukup besar dan kadang bikin hang (flash+javascript).
  2. Anda bisa menggunakan browser mobile handphone (berbasis Java) di PC Anda dengan menggunakan emulator Java (seperti Opera Mini). Salah satu emulator yang cukup terkenal untuk memainkan software2 mobile di PC adalah SJboy.
  3. Jika Anda maniak text, bisa menggunakan browser Lynx yang berbasis CLI (command line interface). Selain (sangat) irit bandwidth, juga irit resource hardware CPU.
  4. Lynx

  5. Menggunakan Opera? Anda bisa mengatur agar browser tidak meload gambar-gambar dari situs yg kita buka.
  6. Sering buka email di Yahoo atau Gmail? Gunakan software email client yang dapat mendownload isi email Anda ke harddisk dengan memanfaatkan layanan pushmail gratisan. Tentunya email yg sudah didownload bisa kita baca secara offline.
  7. Maniak messenger? Tweak YM Anda agar tidak meload berbagai script iklan dari Yahoo. Tidak mau repot? Gunakan Pidgin Messenger yang tidak juga meload berbagai iklan tersebut.

Beberapa tips mungkin basi dan repost, silakan kalo ada yang mau nambahin. Monggo (Tukul mode ON)

Comments

Popular posts from this blog

2021 Lalu Saya Covid

Logitech G300S Saya Rusak (1)